Skip to main content

TPLINK TD-W8151N Sebagai Access Point

TPLINK TD-W8151N milik saya adalah router ADSL bekas penggunaan S*eedy yang sudah tidak terpakai. Router ini saya manfaatkan sebagai repeater atau bisa juga disebut dengan access point yang saya gabungkan dengan WhiteBox (router yg sudah diflash dengan OpenWRT). Alasan saya menggabungkan dengan router TPLink ini karena memang tidak terpakai dan WhiteBox (TPLink MR3020) milik saya WIFI-nya kurang kuat karena memang antenanya internal.

Disini akan saya jelaskan bagaimana caranya membuat routing dari WAN menuju ke LAN pada router TD-W8151N. Maaf jika cara ini mungkin bukan cara yang efisien karena pengetahuan jaringan saya juga masih cetek. Langsung saja :

  1. Hubungkan kabel LAN dari TD-W8151N menuju ke sumber koneksi internet anda, dalam hal ini saya menggunakan WhiteBox saya.
  2. Buka konfigurasi router (default 192.168.1.1) pada browser, masukkan username dan password router.
  3. Masuk ke menu Interface Setup, masuk ke submenu LAN dan konfigurasikan IP Address untuk LAN anda begitu juga dengan IP Address dari DHCP Server anda (jika aktif)
    Interface Setup
    Contoh diatas saya menggunakan IP Address 192.168.137.3 yang semula 192.168.1.1 sebagai IP Router saya. Mengapa saya harus mengganti IP Router ini? alsanya simpel sih supaya bisa satu subnet dengan WhiteBox saya. Anda tidak harus melakukan ini. DHCP Server juga perlu dikonfigurasi jika anda mengganti IP Address dari router sesuai dengan IP Address router.
  4. Pastikan WIFI router menyala dan hubungkan komputer sebagai host melalui koneksi WIFI.
  5. Bisa dicoba dengan melakukan PING dengan IP interface LAN (WhiteBox berada pada 192.168.137.2)
    Ping WhiteBox
  6. Cek apakah dapat di PING seperti gambar saya diatas? Jika sudah berhasil, maka lanjut ke langkah selanjutnya. Jika belum, silahkan cek kembali subnet dari IP Address masing-masing device apakah sudah benar/tidak konflik.
  7. Langkah selanjutnya adalah dengan mengedit Default Route pada router. Sayang sekali hal ini tidak bisa dilakukan melalui halaman GUI pada router (CMIIW). Jadi anda harus melakukan konfigurasi lewat console. 
  8. Masuk ke CMD pada Windows atau Terminal pada Linux, dan ketik "telnet <ip address router>". Pada tempat saya, maka saya akan mengetikan telnet 192.168.137.3 dimana adalah ip address dari router saya. Masukkan password router anda dan bersiap melakukan konfigurasi. Ketikan "ip route status" dan akan ditampilkan tabel routing yang ada pada router.
    IP Route Status
  9. Pada gambar diatas dapat dilihat pada bagian Gateway pada Default Route berisi Node2 yang saya rasa itu adalah interface untuk dial-up dimana tidak digunakan lagi maka harus diganti. 
  10. Sekarang waktunya mengganti Gateway pada Default Route menjadi IP WhiteBox saya (192.168.137.2). Caranya cukup mudah, ketikkan ip route add <dest addr>/bits <gateway> <metric>. Pada kasus saya ini, maka yang saya masukkan adalah ip route add default/0 192.168.137.2 3
  11. Default Route
    Sekarang cek kembali tabel routingnya ip route status dan didapati gateway default routenya sudah berganti.
  12. Woohoo akhirnya selesai sudah, lumayan jaringan wifi rumah saya sekarang lebih kuat dari sebelumnya. Bukti kalau sudah berhasil? Saya mencoba melakukan tracing koneksi ke Google, dapat dilihat bahwa paket dirouting ke WhiteBox saya sebelum diteruskan ke Internet. 
    Trace paket
  13. Selamat Mencoba ! Good Luck !
Update! (24/1/2015)
Untuk menyimpan routing yang hilang ketika direstart, bisa menggunakan fungsi addrom. Caranya adalah sebagai berikut. Langkah pertama adalah membuat routing untuk koneksi lan 
ip route addrom index 1
ip route addrom name lan
ip route addrom set 192.168.1.0/0 192.168.1.1 1
ip route addrom save
*192.168.1.0 adalah network, 192.168.1.1 adalah IP router saya

Langkah selanjutnya adalah routing untuk default route
ip route addrom index 2
ip route addrom name default
ip route addrom set 0.0.0.0/0 192.168.1.2 1
ip route addrom save
*0.0.0.0 adalah default route, 192.168.1.2 adalah gateway yang digunakan

Untuk melihat routing yang ada, bisa menggunakan perintah
ip route addrom index [index yg akan dilihat]
ip route addrom display
ip route addrom freememory 

Comments

  1. Gan ane mw nanya,

    Ane ada TP TD w8151n nganggur dirumah (gak langganan speedy lagi), ane mw main CS via LAN, bagaimana settingnya? Makasih atas informasinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba koneksikan 2 laptop ke wifi milik tplink itu.
      Harusnya kalau sudah satu jaringan bisa langsung konek gan

      Delete
    2. sudah, tapi waktu ane jadi server, laptop 2,3, dst di list server CS tidak muncul...

      Delete
    3. Coba pada komputer client, masuk ke CS-nya, pencet tombol ~ untuk membuka terminal, kemudian ketik "connect ".
      Kalau masih ga bisa, coba matikan firewall dari windows atau dari aplikasi antivirus

      Delete
  2. Bang numpang tanya donk,, ane juga ada modem seperti ini bekas speedy juga,,
    kebetulan tetangga ane ada yang pakai speedy model ini juga, kira kira kalo ane sambungin bisa gk yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya ga bisa gan, soalnya router tipe ini ga bisa menjadi client.

      Delete
  3. Thank you gan, works buat ane :))
    Sekedar tambahan, kalo dah ngikutin seting agan Felix di atas tapi masih gak bisa dipake internetan (untuk firmware lama), mungkin perlu ganti seting DNS (di bawah seting DHCP server) dari "Use Auto Discovered ..." jadi "Use User Discovered ...". Dan isi-in DNS google yang 8.8.8.8 & 8.8.4.4 di Primary & Secondary DNS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks udah coba gan :)
      Iya sepertinya perlu disetting DNSnya bagi yg belum setting manual dari laptopnya

      Delete
    2. Works for me.
      udah ikutin saran dari Mas Felix Anggara tp awalnya udah "Internet Access" tp gak bs buka internet tp setelah setting manual DNS di Modem, berhasil buka internet :)
      BTW saya pake ISP Bolt dengan Modem ZTEMF90 yang connect via USB ke TP Link MR3420 terus dr MR3420 ke Modem speedy 8151n via LAN.
      THX For Sharing

      Delete
    3. Wah nama saya cuma Angga, ngga pakai Anggara.. hehehe
      Thanks agan Blasius yg udah coba.
      Sudah dioprek2 belum itu MR3420 nya ? 😂

      Delete
  4. mo tanya nih..
    Sudah seminggu ini beralih ke indihome. Sekarang jadi tidak bisa sharing file/printer lagi.
    Setelah googling, katanya harus nambah satu perangkat lagi yaitu wireless router.
    Nah... kalau TPLINK TD-W8151N (modem router ?) dijadiin sebagai wireless router, bisa kagak ??
    Kalau bisa, bagaimana settingannya

    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,

      Sebelumnya pakai apa untuk sharing file/printer ?
      Untuk TPLINK seri ini sebenarnya cuma ADSL router biasa, kalau hanya sebatas untuk routing saja, router ini sudah cukup.
      Tapi kalau mau digunakan sebagai file server ataupun printer server harus pakai router yang lain.
      Berikut router yang pernah saya coba untuk dijadikan sebagai printer server yaitu TPLINK MR3020 yang bisa dibaca disini http://felangga.blogspot.com/2014/02/openwrt-p910nd-printer-server-canon.html

      Regards

      Delete
  5. Sebenarnya ini cuma sharing printer biasa seperti pakai LAN.
    Kemudian ada Wifi di kantor dan masih bisa print ke printer komputer teman.
    Kemarin saya coba mode Bridge dan berhasil :-) cuma...ada tapinya... baru berhasil di windows XP.
    Di Windows 7 masih 'no internet access'.

    ReplyDelete
  6. om,mau tanya nih,,hihihihii...ada tube2h (LAN) buat nangkep sinyal dr luar,mau di share lagi via tp-link td-w8151n kira kira bisa ndak yah,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo,

      Seharusnya bisa gan, soalnya tplinknya cuma sebagai access point biasa. Tinggal masalah routingnya disesuaikan seperti diatas

      Delete
    2. nah saya juga begini, itu cara settingnya default gatewaynya pake ip AP atau ip pemancar sinyalnya gan, thanks btw

      Delete
  7. mau tanya nih, saya pake internet speed* modem router wireless TD-W8151N
    saya pasang di bagian ruang tv, tapi sinyal tidak sampai di bagian belakang rumah
    bisakah saya pasang lagi modem router TD-W8151N (bekas tdk terpakai) di bagian belakang rumah tetapi ngambil dari modem utama yang di ruang tv
    kalo bisa bagaimana caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan, asal dari ruang TV ditarik kabel ke belakang rumah baru dipancarkan lagi menggunakan TD-W8151N.
      Kalau sebagai repeater wifi, ga bisa pakai router ini. Kalau pengen murah bisa pakai TPLINK MR3020

      Delete
  8. gan saya pny TD-W8151N bekas speedy dan engenius wlan outdoor EOC-2610 ,kira2 bs gak saya nangkep wifi pake engenius dan saya sebarkan pake TD-W8151N ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Sebelumnya belum pernah coba sih, tapi apa salahnya jika dicoba.
      Buat engeniusnya sebagai mode client, kemudian hubungkan ke TPLINK.

      Delete
    3. client router apa client bridge buat engeniusnya?

      Delete
    4. Keduanya harusnya bisa.
      Itu engeniusnya buat receiver kan?

      Delete
    5. iya, trus buat tplinknya dipakein mode apa? bridge mode,dinamic ip,static ip apa pppoe?

      Delete
    6. Bisa dicoba seperti konfigurasi saya diatas

      Delete
  9. kamrin udah nyoba utak-atik kok default gateawaynya gk mau ngikut engeniusnya ya ? gatewanya kok tetap tplinknya ? apa mungkin harus di route kyk tutor agan diatas?

    ReplyDelete
  10. alhamdulilah it works mas felix . terima kasaih banyak ilmu sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama bapak agung.
      Terimakasih telah mengunjungi blog saya :)

      Delete
  11. Permisi gan
    Saya punya tp link td-w8151n tapi udh putus langganan dgn speedynya. Apakah masih bisa dipakai barang tsb ??? Mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas masih bisa, tergantung di pakai buat apa

      Delete
    2. Maksud sya klu mau dpakai buat modem & wifi sperti yg sebelumnya tapi tanpa berlangganan speedy, apakah bisa ?

      Delete
    3. Tentunya ngga bisa kalau masih terhubung dengan kabel milik speedy. Karena akun anda sudah di disable oleh Telkom

      Delete
  12. kalau narik kabel lagi terus pakai modem ini di tempat kedua, settingannya gimana mas?

    ReplyDelete
  13. Mas, punten saya mau nanya, saya punya TD 8151n bekas spe*dy, nah sekarang saya pake indhome fiber optik dengan device AN5506-04-F, kalo saya buat AP yg TD8151N tanpa whitebox bisa gak ya? terus cara setting IP yg buat AP nya gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan, ganti whitebox dengan router indihomenya. Settingnya sama seperti diatas, tinggal disesuaikan IP nya

      Delete
  14. Gan.. sy jg punya modem td w8151.. apakh bisa colokan line telepon di modem dimodifikasi pakai usb wifi adapter..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya ga bisa mas, mending beli yang sudah support saja. sekarang harganya sudah terjangkau

      Delete
  15. Gan.. sy jg punya modem td w8151.. apakh bisa colokan line telepon di modem dimodifikasi pakai usb wifi adapter..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tahu saya gan, sepertinya butuh modifikasi hardware yang rumit

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Ada info penting yg kelupaan kegnya gan, kliennya pake DHCP atau diset IP, Gateway & DNS manual?
    Saya coba skenario DHCP:
    1. set IP & DNS router via Web UI
    2. via telnet:
    > ip route add default x.x.x.x
    > ip ping google.com
    Resolving google.com... 216.58.203.238
    sent rcvd rate rtt avg mdev max min
    1 1 100 10 10 0 10 10
    2 2 100 10 10 0 10 10
    3 3 100 10 10 0 10 10

    router jg sukses mengakses NTP server dilihat dr lognya.

    Masalahnya di klien gan:
    + DHCP sukses (ipconfig/all -> gateway = router_ip, dns = router_ip)
    + nslookup google.com sukses
    ! ping request time out !

    Dari 3 router tplink yg saya coba gejalanya sama semua. Mohon pencerahannya gan - tengkiu sebelumnya.

    ReplyDelete
  18. bung angga ane mau nanya,ne ane punya modem tp link td-w8151n kalo mau nyambung wifi tetangga bisakah ? (maksudnya pingin dijadikan sebagai pencari jaringan sperti tp link wn722n gitu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk menjadi station setau saya ngga bisa gan,
      Router ini hanya bisa menjadi Access Point

      Delete
  19. Mau tax bang.
    Modemnya bisa untuk menjangkau berapa klien untuk penggunaan bersamaan?
    Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk max user kurang tau ya, karena ini router lama mungkin 10 client sudah bagus.
      Ada pengaturan juga jika ingin dilimit

      Delete
  20. Terima kasih tutorialnya gan...

    BERHASIL SEMPURNA

    TP-Link TL-MR3420 <<>> TP-Link TD-W8151N

    Tersambung dengan baik :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Membaca SMS dari Modem dengan AT Command

Sedikit sharing sekalian untuk catatan biar saya tidak lupa. Saat ini saya akan menulis bagaimana caranya untuk membaca isi SMS (Short Message Service) yang diterima pada perangkat Modem. Ya, kali ini hanya saya bahas untuk pembacaan SMS saja, untuk pengiriman mungkin di posting berikutnya. Saya menggunakan Putty ( download here ) untuk mengakses komunikasi serial dengan modem. Anda juga bisa menggunakan HyperTerminal pada Windows, atau tool lain untuk mengakses komunikasi serial. Langkah pertama adalah mencari dulu modem kita dikenali pada COM berapa. Buka Device Manager pada Windows anda, saya asumsikan anda menggunakan Windows 7, Windows versi lainya menyesuaikan. Carilah modem anda dan klik kanan kemudian pilih properties, dan lihat pada tab Modem seperti dibawah ini Device Manager Pada gambar diatas dapat dilihat bahwa modem saya dideteksi pada COM5. Langkah berikutnya adalah membuka Putty dan pilih koneksi jenis Serial, dan masukkan COM5 pada Serial line, untuk bagian Sp

Kirim Baterai via JNE

Beberapa waktu yang lalu saya sempat mendapatkan orderan baterai drone keluar pulau jawa yang membuat saya sedikit kerepotan. Kerepotan karena ternyata baterai termasuk barang yang dilarang pada pengiriman via udara. Beberapa teman menyarankan untuk menuliskan bahwa barang tersebut bukan baterai, melainkan barang lain yang "fragile" dengan harapan lolos xray bandara. Namun saya juga menjadi ragu karena membaca beberapa postingan, barang yang "ngeyel" tetap dikirimkan akan berakhir dibuang oleh JNE. Akhirnya saya bertanya melalui customer service yang tersedia, dan mendapatkan jawaban yang cepat dan memberikan solusi untuk mengirimkan barang tersebut melalui darat. Pengiriman darat dikhususkan untuk JNE REG, tidak didukung JNE YES. Setelah dikonfirmasi terhadap pihak CS, akhirnya saya bisa melakukan pengiriman dan merasa lega barang sudah dikirim. Kekhawatiran saya muncul kembali ketika 3 hari barang tersebut masih ada dikota saya melalui menu tracking. Saya