Skip to main content

Modifikasi Antena Luar TPLink MR3020

TPLINK MR3020 secara default memiliki antena internal yang terbungkus didalam bodi box plastik putih dimana range pancaranya sangat terbatas. Kebetulan router ini saya pakai untuk menyebar wifi dalam rumah, rangenya hanya sebatas 2 kamar saja. Sangat merepotkan, apalagi ketika mau melakukan remote terhadap jaringan sering gagal.

Kebetulan saya punya router ZTE bekas dengan seri ZXV10 W300S yang sudah wafat wifinya, jadi ga mau mancarin sinyal wifi lagi. Maka dari itu karena router ini ada antena externalnya, bisa saya manfaatkan untuk kanibalan. 

Bongkar ZTE nya lumayan gampang, karena cuma memakai pengait dan sebuah sekrup untuk menguncinya. Pengaitnya berada pada bagian atas, sedangkan sekrupnya tersembunyi dibalik stiker dibawah router. 




Setelah saya amati di boardnya ternyata serinya bukan W300S namun W300D, padahal tulisan diplastik luarnya adalah seri S. Belum saya cari tahu kembali apa perbedaanya. Bukan masalah karena saya cuma mau ambil antenanya saja. 

Cara mencopot kabel antenanya sangat mudah, tinggal dipanasi solder dan dicopot. Atau bisa langsung dipotong. Setelah dicopot, kemudian bongkar MR3020. Pembongkaran MR3020 yang saya kira gampang ternyata susah juga. Sistemnya juga pengait, namun tidak menggunakan sekrup, tapi dilem dipinggirnya. 

Untuk memulai pembongkaran MR3020 lebih mudah dimulai dibagian atas colokan usb power. Karena bagian ini tidak dilem. Setelah terlepas, maka tinggal dipindah antena tadi kedalam router 3020. Sebelumnya jangan lupa lubangi terlebih dahulu box plastik router, untuk memasukan konektor antena. Saya menggunakan solder untuk membuat lubang, walaupun tidak rapi, tapi lebih enak membuatnya.

Pemasangan kabel antena ke MR3020 cukup mudah, tinggal cari jalur PCB dengan tulisan ANT2. Kemudian pada jalur tersebut terdapat 2 jalur yang terhubung menjadi satu. Pisahkan jalur tersebut, dan solderkan masing masing kabel antena ke 2 jalur tersebut. 


Setelah disolder, tutup kembali tutup atas router dan nyalakan pastikan router berjalan dengan baik, tidak ada yang konslet. Hasilnya lumayan bagus, sekarang jaraknya bisa 3x lebih jauh dengan menggunakan antena luar ini. Hasil di tempat anda mungkin berbeda dengan di rumah saya, karena perbedaan penghalang dinding dan sebagainya. 





Comments

  1. gimana hasilnya gan


    untuk nangkep sinyal wifi dari ap lain tambah atau biasa aja?

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Itu antena yg saya kanibal dari router lain gan

      Delete
  3. tanya gan, support POE ga port LAN/WAN nya? rencana mo saya jadikan outdoor karena sinyal 3G lemah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipe ini setau saya tidak support POE gan

      Delete
  4. Ada email Atau WhatsApp? Pengen tanya2 Gan.

    ReplyDelete
  5. Bisa nggak modif antena luar(antena penerima) untuk nembak wifi tetangga gan?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

HackRF Mayhem Failed to Update - M0 Guru Meditation Hard

I was on Mayhem Portapack v2.0.1 and want to upgrade to the latest stable release v2.1.0. The update went okay using the web upgrade https://hackrf.app/. But then I saw the latest nightly update and want to try it, since it has many new tools that are not yet included in the stable release. But then the update failed :( Disclaimer: I didn't take any photos of the errors, since I was focused on googling the solution. So the error was " Bad Firmware or Failed W/R error" during the upgrade process, and it was stuck. So I had to restart the device, and it was booting to the Mayhem menu, but on the bottom left, which should show the current firmware version, it was showing a  "FLASH ERR"  message. I think I should go back to the stable release, but I can't. Every time I want to flash the stable release version, the portapack will shows an error M0 Guru Meditation - Hard Fault.  There's an issue that was closed on the Mayhem GIT repo that has the same issue a...

Fiberhome HG6145D2 Superadmin Login

Maybe some of you are using In**ehome ISP as your home internet and found out that using the provided login has minimal options to configure the router: user  user1234 I know it’s not the admin login, and that must be a full-control user account that can be used to control this router fully. So I searched and found some posts on the net and most of them are telling me to use: admin %0|F?H@f!berhO3e I tested it and it doesn’t work! But there’s more to it, you need to reset the router first by pressing the reset button on the side of the router. Then after resetting, you can log in using the admin superaccount! But keep in mind, never use the user log in again, because it will lock the super admin login until you reset the router again. Cheers 🍺

Macintosh Classic II Brightness Issue

The Problem My Macintosh Classic II suffers from an issue where the display CRT goes dim after a few minutes on a cold boot. Every time it happens, I need to crank up the cut-off and brightness  pot behind the machine to show the image. The Analyze At first, I thought it must be the brightness issue, so I searched for the Macintosh Classic analog board schematic to check the brightness line. I found the schematic from Bomarc, and the schematic is suitable with my board, since there are two analog board versions.  I started to suspect the resistors and potentiometer on the brightness line. This Macintosh version has software-controlled brightness, so the analog board will get a 22.25 kHz square wave PBM signal from the logic board to control the brightness. I checked and replaced some resistors and cleaned the potentiometer, but nothing seems to work. The signal is there, and no sign of degradation that makes the screen dim after a few minutes.  Brightness Line So I suspec...