Skip to main content

Review Vario 150!

Setelah menjadi pengguna Yamaha sekitar 5 tahun, sekarang waktunya beralih ke merk lain dengan teknologi yang lebih baru. Pada tahun ini lumayan saya mendapatkan rejeki untuk kredit kendaraan, mengganti kendaraan saya sebelumnya. Setelah "capek" dengan kendaraan berkopling, sekarang saya ingin berganti ke kendaraan matic. Pilihan saya jatuh ke Honda Vario 150 (Exclusive).

Vario 150 terdapat 2 tipe yaitu Exclusive dan Sporty. Saya prefer ke exclusive karena desainya memang elegant ga kebanyakan sticker yang menempel. Terutama dengan tulisan emboss Vario dibagian samping yang membuatnya semakin elegan. Overall desainya hampir mirip dengan Vario 125, beberapa fitur seperti Spedometer, Lampu, dsb yang membedakan.

Vario ini saya beli pada akhir April kemarin, dimana terdapat sedikit perbedaan dengan Vario 150 model sebelumnya. Perbedaanya hanya pada sticker.


Model sebelumnya terdapat tulisan FI disini

Bawaan spion sudah ada Led untuk Sein

Performa ?
Jika dibandingkan dengan matic lain yang pernah saya tumpangi, memang ini yang mempunyai tarikan paling enak. Terlebih lagi karena cc nya juga gede. Motor masih stabil berjalan di kisaran 90 km/h. 

Irit ?
Tentunya irit karena motor ini sudah injeksi. Ada yang pernah bilang 1 liter bisa untuk 50an km. Foto dibawah ini dari bensin full (sekitar 5.5 liter) dengan kilometer awal sekitar baru 4 km, baru berkurang 1 strip bensin untuk sekitar 65km. Pada artikel ini ditulis, tinggal 3 strip bensin untuk 150km. Jadi simpulkan sendiri ya :)


Minus ?
Saya pribadi merasa kalau jok dari Vario ini terasa keras. Tapi saya kurang tau apakah karena masih baru atau memang sekeras ini ? Suspensinya juga terasa keras, banyak yang bilang juga keras untuk suspensi. Berhubung jalanan kantor saya banyak polisi tidur jadi terasa sekali.

Selain itu, saya juga kurang suka dengan desain velg bawaan dari Vario ini, terkesan ringkih dengan jari - jari besi yang tipis. Tapi ini hanya pemikiran saya saja sebenarnya. Seharusnya sudah dilakukan tes oleh Honda sebelum menggunakan velg jenis ini. 


Saran ?
Jika anda tertarik untuk membawa pulang Vario 150 ini, pastikan di dealernya anda lihat jenis velg dan banya. Merknya harus Enkei dan banya harus Federal. Beberapa laporan di forum mengatakan bahwa ada dealer yang corrupt mengganti velg dan ban dengan merk lain. Hasilnya banyak korban yang mengatakan ketika menabrak lubang yang ngga terlalu besar, velgnya jadi bengkok.

Velg merek Enkei

Ban merk Federal

Mungkin segitu dulu sharingnya, soalnya saya juga masih pengguna baru Vario 150 dan juga pengguna baru motor matic, jadi mungkin kurang bisa banyak mereview kendaraan ini. Thanks for reading :)

Comments

  1. kalau jok emang keras sih bikin kurang nyaman buat jalanan kasar, untuk shock bisa disetel kok, tapi defaultnya ya keras dari dealer, mengingat matic vario 150cc ini emang buat digeber dijalanan arus cepat dan halus

    ReplyDelete
  2. kalau jok emang keras sih bikin kurang nyaman buat jalanan kasar, untuk shock bisa disetel kok, tapi defaultnya ya keras dari dealer, mengingat matic vario 150cc ini emang buat digeber dijalanan arus cepat dan halus

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

HackRF Mayhem Failed to Update - M0 Guru Meditation Hard

I was on Mayhem Portapack v2.0.1 and want to upgrade to the latest stable release v2.1.0. The update went okay using the web upgrade https://hackrf.app/. But then I saw the latest nightly update and want to try it, since it has many new tools that are not yet included in the stable release. But then the update failed :( Disclaimer: I didn't take any photos of the errors, since I was focused on googling the solution. So the error was " Bad Firmware or Failed W/R error" during the upgrade process, and it was stuck. So I had to restart the device, and it was booting to the Mayhem menu, but on the bottom left, which should show the current firmware version, it was showing a  "FLASH ERR"  message. I think I should go back to the stable release, but I can't. Every time I want to flash the stable release version, the portapack will shows an error M0 Guru Meditation - Hard Fault.  There's an issue that was closed on the Mayhem GIT repo that has the same issue a...

Macintosh Classic II Brightness Issue

The Problem My Macintosh Classic II suffers from an issue where the display CRT goes dim after a few minutes on a cold boot. Every time it happens, I need to crank up the cut-off and brightness  pot behind the machine to show the image. The Analyze At first, I thought it must be the brightness issue, so I searched for the Macintosh Classic analog board schematic to check the brightness line. I found the schematic from Bomarc, and the schematic is suitable with my board, since there are two analog board versions.  I started to suspect the resistors and potentiometer on the brightness line. This Macintosh version has software-controlled brightness, so the analog board will get a 22.25 kHz square wave PBM signal from the logic board to control the brightness. I checked and replaced some resistors and cleaned the potentiometer, but nothing seems to work. The signal is there, and no sign of degradation that makes the screen dim after a few minutes.  Brightness Line So I suspec...

Fiberhome HG6145D2 Superadmin Login

Maybe some of you are using In**ehome ISP as your home internet and found out that using the provided login has minimal options to configure the router: user  user1234 I know it’s not the admin login, and that must be a full-control user account that can be used to control this router fully. So I searched and found some posts on the net and most of them are telling me to use: admin %0|F?H@f!berhO3e I tested it and it doesn’t work! But there’s more to it, you need to reset the router first by pressing the reset button on the side of the router. Then after resetting, you can log in using the admin superaccount! But keep in mind, never use the user log in again, because it will lock the super admin login until you reset the router again. Cheers 🍺